Asalamuallaaikum wr.wb
perkenalkan nama saya Adinda Mariyana daari Marga Tiga yang sedang melaksanakan prakerin di Metro Techno Solution merupakan tempat PKL terbaik di Lampung ( Tempat Kursus Terbaik ).Kali ini saya akan membuat blogger tenatang mikrotik.
  
A.Pengertian Mikrotik
      Mikrotikadalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.
mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik. Terlebih kemajuan dunia wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan mulai melirik benda yang satu ini. Berbagai fitur ditawarkan pada mikrotik diantaranya :
  • Firewall dan NAT
  • Routing – Static routing
  • Data Rate Management
  • Hotspot
  • Point-to-Point tunneling protocols
  • Simple tunnels
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS client
  • DHCP
  • Universal Client
  • VRRP
  • UPnP
  • NTP
  • Monitoring/Accounting
  • SNMP
  • MNDP
  • Tools
B.Fungsi Mikrotik
  1.Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk
   pengelolaannya.
 2.Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan      hardware requirements yang sangat rendah.
 3.Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
 4.Pembuatan PPPoE Server.
 5.Billing Hotspot.
 6.Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya

C.Mikrotik RouterOS
    RouterOS merupakan sebuah Sistem Operasi yang berbasis Unix yang mampu membuat sebuah PC mempunyai fungsi seperti layaknya Router, Firewall, Bridge, HotSpot, proxy Server, Bandwidth Management dan beberapa fungsi server lainnya. Tidak seperti OS lainnya, RouterOS support terhadap berbagai jenis Driver hardware dan apabila ada hardware yang tidak support terhadap Mikrotik RouterOS, maka kita tidak dapat menambah /menginstall driver tambahan seperti halnya Sistem Operasi.

D.Mikrotik RouterBoard
    RouterBoard merupakan sebuah perangkat (Hardware) yang didesain dan diproduksi oleh Mikrotik serta menggunakan RouterOS sebagai Sistem Operasinya. RouterBoard merupakan sebuah perangkat yang mempunyai komponen seperti halnya PC tetapi mempunyai ukuran yang kecil seperti Processor, RAM, ROM dan Memory Flash hanya saja System Operasi yang digunakannya khusus dikeluarkan oleh Mikrotik yaitu RouterOS. RouterBoard mempunyai banyak type arsitektur, model, jenis interface dan jumlah interface yang berbeda sehingga kita bisa dengan mudah memilih perangkat ini sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

E.SEJARAH MIKROTIK
     
   Pada tahun 1996, John dan Arnis memulai sejarah memulai sejarah terciptanya mikrotik dengan sistem Linux dan MS DOS. Mereka mengombinasikannya keduanya dengan teknologi Wireless LAN (W- LAN) Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps Moldova. Saat keduannya sampai di Latvia, mereka mulai melayani lima pelanggannya. Ambisi mereka adalah membuat perangkat lunak Router yang handal dan bisa disebarkan ke seluruh dunia Linux pertama yang John dan Arnis gunakan adalah versi kenel 2.2. Versi Linux tersebut mereka kembangkan berdua dengan dibantu oleh 5 - 10 orang staf R&D Mikrotk yang kini menguasai dunia routing untuk negara - negara berkembang.

 F.TUJUAN MIKROTIK
Adapun tujuan dari mikrotik yang diantaranya yaitu:
 Mikrotik didesain mudah digunakan dan baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer.

G.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MIKROTIK 

Kelebihan Mikrotik
1. Harga yang cukup Terjangkau.
 2. User Friendly.
 3. Mudah Penggunannya. 
4. Banyak Fitur-Fitur Menarik. 
5. Dapat Berperan Sebagai Router. 
6. Mikrotik juga sudah bisa mendeteksi berbagai macam ethernet card dari berbagai vendor yang ada.  

Kekurangan Mikrotik 
Mikrotik belum mampu menangani sebuah jaringan internet yang berskala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu ternak, dan tidak seperti halnya cisco yang sertifikasinya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan. 

H.Fitur-Fitur Dalam Mikrotik :
   
Firewall dan NAT 
Routing- Static routing 
Date Rate Management 
Hotspot 
Point to Point tunneling protocols 
Simple tunnes 
IPsec 
Webproxy 
Caching DNS Client 
DHCP 
Universal Client 
VRRP 
UPnP 
NTP/ Monitoring-Accounting 
SNMP 
MNDP 
Tools 
ISDN 
VLANWinBox  
SDSL 
Bridge 
Bonding 
Address List 
M3P 
Support scripting programming 

I.Fungsi Login Pada Mikrotik

 1.Tab Action (system logging action)
    - Tipe Disk
    -  Tipe Echo
    -   Tipe Email
    -  Tipe Memory
    -   Tipe Remote
 2. Tab Rules (//syastem logging rules)

J.Fitur Hotspot Mikrotik
  
  -Limitasi
  -Plug n play connectivity
  -Bypass
  -Advertisement
  -Trial User
  - Voucer

Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi semua yang sudah membaca.
Wasalamuallaikum wr.wb.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kursus Komputer-Metro Techno Solution Lampung

Kursus Komputer-Metro Techno Solution Lampung